Wednesday, February 3, 2016

Arti Waktu Dalam Geologi

sebagai landasan prinsip untuk dapat mempelajari ilmu geologi adalah bahwasanya kita harus menganggap Bumi ini sebagai suatu benda yang secara dinamis berubah sepanjang masa, setiap saat dan setiap detik. dalam gambaran seperti itu maka salah satu segi yang khas dalam geologi dibandingkan dengan ilmu-ilmu lainnya adalah yang menyangkut masalah “Waktu”. salah satu pertanyaan yang timbul yang berhubungan dengan masalah waktu itu, adalah : Apakah kejadian-kejadian seperti proses-proses alam yang dapat kita amati sekarang ini, seperti mengalirnya air di permukaan, gelombang yang memecah di pantai, sungai yang mengalir sambil mengikis dan mengendapkan bebannya dll, juga berlangsung dimasa-masa lampau selama bumi ini berkembang ? kemudian dijawab oleh James Hutton, seorang ilmuan alam, yang banyak ilmuan-ilmuan dianggap sebagai Bapak dari ilmuan geologi modern, yang pada tahun 1785 untuk pertama kalinya mengeluarkan suatu pertanyaan yang sekarang ini dikenal sebagai “doctrine of unifornitarianism”.
Pencetus geologi modern ini yang kemudian dikenal sebagai “Huttonian Revolution”, mengutarakan pemikiran-pemikirannya sebagai berikut :
1. bahwasanya proses-proses alam yang sekarang ini menyebabkan perbahan pada permukaan bumi, juga telah bekerja sepanjang umur dari bumi ini.
2. Ia juga mengamati bahwa proses-proses tersebut yang walaupun belekeraja sangat lambat, tetapi pada akhiranya mampu menyebabkan terjadinya perubahan-perubahan yang sangat besar pada Bumi. 
3. Bahwa bumi ini sangat Dinamis, yang berarti mengalami perubahan-perubahan yang terus-menerus mengikuti sesuatu pola daur (siklus) yang berulang-ulang.


No comments:

Post a Comment

Hipotesa Pemekaran Lantai Samudra (Sea Floor Spreading)

Hipotesa pemekaran lantai samudra dikemukakan pertama kalinya oleh Harry Hess (1960) dalam tulisannya yang berjudul “Essay in geopetry descr...