Wednesday, February 3, 2016

KONSEP-KONSEP DAN HUKUM-HUKUM DALAM GEOLOGI

Untuk memahami Geologi, pemahaman tentang konsep-konsep dan hukum-hukum dalam ilmu geologi sangatlah penting dan merupakan dasar dalam mempelajari ilmu geologi. Adapun hukum dan konsepGeologiArti yang menjadi acu8an dalam geologi antara lain konsep tentang susunan, aturan dan hubungan antar bantuan dalam ruang dan waktu. pengertian ruang dalam geologi adalah tempat dimana batuan itu terbentuk sedangkan pengertian waktu adalah waktu pembentukan batuan dalam skala waktu geologi. 
1. Doktrin Uniformitarianisme (James         Hutton)
adalah suatu konsep dasar dalam         ilmu geologi modern yang mengacu pada doktrin “The Present is the Key to the Past”. Doktrin ini menyatakan bahwa hukum-hukum fisika, kimia dan biologi yang berlangsung saat ini berlangsung juga pada masa Lampau. Artinya, gaya-gaya dan proses-proses yang membentuk permukaan bumi seperti yang kita amati saat ini telah berlangsung sejak terbentuknya bumi. 
2. Hukum Superposisi (Nicholas Steno)
  Horizontalitas (Horizontality) : kedudukan awal pengendapan suatu lapisan batuan yaitu horizontal, kecuali pada tepi cekungan memiliki sudut kemiringan asli (initialdip) karena dasar cekungannya memang menyudut.
  superposisi (superposition) : dalam kondisi normal (belum menggangngu)
  Kesinambunga Lateral (Lateral Continuity) : pelamparan suatu lapisan batuan akan menerus sepanjang jurus perlapisan batuannya.


3. Keselarasan dan Ketidakselarasan (Conformity dan Unconformity)
  keselarasan adalah hubungan antar perlapisan batuan yang kontinyu (menerus)
  ketidak-selarasan adalah hubungan antar yang tidak menerus yang disebabkan oleh adanya rumpang waktu pengendapan.
4. Genagan Laut dan Susut Laut (Transgresi dan Regresi)
  Transresi dalam pengertian stratigrafi/sedimentologi adalah laju penuruna dasar cekungan lebih cepat dibandingkan dengan pasokan sedimen.
  Regresi dalam pengertian stratigrafi/sedimentologi adalah laju penurunan dasar cekungan lebih lambat dibandingkan dengan pasokan sedimen.
5. Hubungan Potong Memotong (Cross-cutting Ralationships) adalah hubungan kejadian antar batuan.

No comments:

Post a Comment

Hipotesa Pemekaran Lantai Samudra (Sea Floor Spreading)

Hipotesa pemekaran lantai samudra dikemukakan pertama kalinya oleh Harry Hess (1960) dalam tulisannya yang berjudul “Essay in geopetry descr...