Thursday, February 4, 2016

Pengertian Geologi

Geologi adalah suatu bidang ilmu pengetahuan kebumian yang mempelajari segala sesuatu mengenai planet bumi beserta isinya yang pernah ada. merupakan kelompok ilmu yang membahas tentang sifat-sifat dan bahan-bahan yang membentuk bumi, struktur, proses-proses yang bekerja baik didalam maupun diatas permukaan bumi, kedudukannya di Alam Semesta serta sejarah perkembangannya sejak bumi ini lahir di Aalam semesta hingga sekarang.
dalam skema dibawah ini diperlihatkan hubungan yang saling berinteraksi dan saling mempengaruhi antara Litosfir yang merupakan bagian paling luar dari Bumi yang bersifat padat, dengan atmosfir (udara) dan hidrosfir (selaput air), yang kemudian menciptakan Biosfir yang merupakan bagian dari Bumi dimana terdapat interaksi antara kegiatannya dan kehidupan di Bumi. interaksi ini menyebabkan sifat Bumi yang dinamis. keadaan Biosfir itu termasuk semua jenis kehidupan yang ada di Bumi. dan semuanya itu terkumpul dalam lapisan atau zona yang dimulai dari dasar samudra keatas dan menembus hingga beberapa kolometer kedalam atmosfir, kemudian tepat dibawah Atmosfir dan Samudra terdapat kilometer kedalam Atmosfir. kemudian tepat dibawah Atmosfir dan samudra terdapat bagian yang keras dari bumi yang disebut Litosfir.

Disisi lain, Geologis Dinamis adalah bagian dari ilmu Geologi yang mempelajari dan membahas tentang sifat-sifat dinamika bumi. sisi ini berhubungan dengan perubahan-perubahan pada bagian bumi yang diakibatkan o;eh gaya-gaya yang dipicu oleh energy yang bersumber dari dalam bumi, seperti kegiatan Magma yang menghasilkan vulkanisme, gerak-gerak litosfir akibat adanya arus konveksi, gempabumi dan gerak-gerak pembentukan cekungan pengendapan dan pegunungan.

No comments:

Post a Comment

Hipotesa Pemekaran Lantai Samudra (Sea Floor Spreading)

Hipotesa pemekaran lantai samudra dikemukakan pertama kalinya oleh Harry Hess (1960) dalam tulisannya yang berjudul “Essay in geopetry descr...